Menu
Info Sekolah
Minggu, 26 Mei 2024
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia

Majapahit: Keindahan Budaya Nusantara

Terbit : Minggu, 17 Maret 2024 - Kategori : Blog

Majapahit: Keindahan Budaya Nusantara

Majapahit, kerajaan agung yang pernah berdiri di tanah Nusantara, telah meninggalkan warisan budaya yang tak ternilai. Kerajaan yang berjaya pada abad ke-13 hingga ke-16 ini telah membentuk identitas budaya Indonesia hingga saat ini.

Kejayaan Politik dan Militer

Majapahit mencapai puncak kejayaannya di bawah kepemimpinan Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa ini, kerajaan menguasai wilayah yang luas, meliputi sebagian besar Nusantara, termasuk Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan sebagian Semenanjung Malaya. Kehebatan militer Majapahit ditopang oleh pasukan yang terlatih dan armada laut yang kuat.

Kemajuan Seni dan Sastra

Majapahit juga menjadi pusat perkembangan seni dan sastra. Arsitektur candi dan istana yang megah menjadi bukti kehebatan arsitek pada masa itu. Candi Penataran, Candi Tikus, dan Candi Jawi adalah beberapa contoh bangunan yang masih berdiri hingga sekarang.

Dalam bidang sastra, Majapahit menghasilkan karya-karya besar seperti Nagarakretagama dan Sutasoma. Nagarakretagama, yang ditulis oleh Mpu Prapanca, menggambarkan kejayaan dan luasnya wilayah Majapahit. Sementara itu, Sutasoma, karya Mpu Tantular, mengajarkan ajaran moral dan toleransi antaragama.

Agama dan Kepercayaan

Majapahit menganut agama Hindu-Buddha. Agama ini menjadi landasan spiritual dan filosofis masyarakat Majapahit. Candi-candi yang dibangun pada masa itu merupakan tempat ibadah dan persembahyangan.

Selain Hindu-Buddha, Majapahit juga dipengaruhi oleh ajaran Tantrayana dan kepercayaan animisme. Perpaduan berbagai kepercayaan ini menciptakan sinkretisme agama yang unik dalam budaya Majapahit.

Warisan Budaya

Warisan budaya Majapahit masih dapat kita temukan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Bahasa Indonesia, misalnya, banyak menyerap kosakata dari bahasa Jawa Kuno yang digunakan pada masa Majapahit.

Seni pertunjukan seperti wayang kulit dan tari topeng juga merupakan warisan budaya Majapahit. Wayang kulit, yang berasal dari Jawa Timur, menjadi salah satu bentuk seni tradisional yang paling terkenal di Indonesia.

Kesimpulan

Majapahit merupakan kerajaan yang telah memberikan kontribusi besar bagi peradaban Nusantara. Kejayaannya dalam bidang politik, militer, seni, dan sastra telah membentuk identitas budaya Indonesia. Warisan budaya Majapahit masih dapat kita temukan hingga saat ini, menjadi bukti kehebatan dan keindahan budaya Nusantara.

FAQ Unik

  1. Apakah Majapahit pernah memiliki mata uang sendiri?
    Ya, Majapahit memiliki mata uang sendiri yang disebut "mas". Mata uang ini terbuat dari emas dan perak.

  2. Siapakah tokoh wanita paling terkenal di Majapahit?
    Raden Wijaya, pendiri Majapahit, memiliki dua istri yang terkenal, yaitu Gayatri Rajapatni dan Tribhuwana Wijayatunggadewi.

  3. Apakah Majapahit memiliki sistem pemerintahan yang maju?
    Ya, Majapahit memiliki sistem pemerintahan yang terstruktur dengan baik. Kerajaan dibagi menjadi beberapa wilayah yang dipimpin oleh bupati.

  4. Bagaimana Majapahit menghadapi ancaman dari luar?
    Majapahit menghadapi ancaman dari Kerajaan Sriwijaya di Sumatra dan Kerajaan Ayutthaya di Thailand. Kerajaan ini berhasil mempertahankan wilayahnya melalui kekuatan militer dan diplomasi.

  5. Apa penyebab runtuhnya Majapahit?
    Majapahit mengalami kemunduran pada abad ke-15 karena perang saudara dan serangan dari Kerajaan Demak. Kerajaan akhirnya runtuh pada tahun 1527.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar