Menu
Info Sekolah
Minggu, 26 Mei 2024
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia

Majapahit: Kehidupan Dan Kebudayaan Di Nusantara

Terbit : Sabtu, 2 Maret 2024 - Kategori : Blog

Majapahit: Kehidupan dan Kebudayaan di Nusantara

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar dan terkuat yang pernah berdiri di Nusantara. Berdiri pada abad ke-13, kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk pada abad ke-14.

Kehidupan Sosial dan Politik

Masyarakat Majapahit terbagi menjadi beberapa strata sosial. Kasta tertinggi adalah kasta Brahmana, yang terdiri dari para pendeta dan bangsawan. Di bawahnya terdapat kasta Ksatria, yang terdiri dari para prajurit dan pejabat pemerintah. Selanjutnya, terdapat kasta Waisya, yang terdiri dari para pedagang dan petani. Kasta terendah adalah kasta Sudra, yang terdiri dari para buruh dan budak.

Sistem pemerintahan Majapahit bersifat monarki absolut. Raja memiliki kekuasaan tertinggi dan dibantu oleh para menteri dan pejabat. Kerajaan dibagi menjadi beberapa wilayah yang dipimpin oleh bupati.

Kebudayaan

Majapahit memiliki kebudayaan yang sangat maju. Agama Hindu-Buddha menjadi agama resmi kerajaan, dan banyak candi dan patung yang dibangun sebagai bentuk pemujaan. Salah satu candi yang terkenal adalah Candi Borobudur, yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia.

Selain agama, Majapahit juga memiliki kesenian yang tinggi. Wayang kulit menjadi salah satu bentuk kesenian yang populer, dan banyak naskah sastra yang diciptakan pada masa ini. Salah satu karya sastra yang terkenal adalah Kakawin Nagarakretagama, yang ditulis oleh Mpu Prapanca.

Ekonomi

Majapahit memiliki perekonomian yang kuat. Pertanian menjadi sektor utama, dengan padi sebagai komoditas utama. Selain itu, Majapahit juga memiliki perdagangan yang maju. Kerajaan ini memiliki hubungan dagang dengan berbagai negara di Asia, seperti Tiongkok, India, dan Arab.

Pengaruh Majapahit

Kerajaan Majapahit memiliki pengaruh yang besar di Nusantara. Kerajaan ini berhasil menyatukan sebagian besar wilayah Nusantara di bawah satu kekuasaan. Pengaruh Majapahit juga terlihat dalam bidang budaya dan agama. Hindu-Buddha menjadi agama yang dominan di Nusantara, dan banyak candi dan patung yang dibangun sebagai bentuk pemujaan.

Kesimpulan

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar dan terkuat yang pernah berdiri di Nusantara. Kerajaan ini memiliki kehidupan sosial, politik, kebudayaan, dan ekonomi yang maju. Pengaruh Majapahit masih terasa hingga saat ini, baik dalam bidang budaya maupun agama.

FAQ Unik

  1. Apakah Majapahit pernah memiliki armada laut yang kuat?

    • Ya, Majapahit memiliki armada laut yang kuat yang digunakan untuk menaklukkan wilayah-wilayah di Nusantara.
  2. Apa nama mata uang yang digunakan di Majapahit?

    • Majapahit menggunakan mata uang yang disebut "mas".
  3. Apakah Majapahit memiliki sistem pendidikan?

    • Ya, Majapahit memiliki sistem pendidikan yang disebut "pesantren", di mana para siswa belajar agama, sastra, dan ilmu pengetahuan.
  4. Apakah Majapahit pernah berperang dengan kerajaan lain di Nusantara?

    • Ya, Majapahit pernah berperang dengan kerajaan-kerajaan lain di Nusantara, seperti Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Singasari.
  5. Apa penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit?

    • Penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit masih menjadi perdebatan, namun beberapa faktor yang diduga berkontribusi adalah perang saudara, pemberontakan, dan wabah penyakit.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar