Menu
Info Sekolah
Minggu, 26 Mei 2024
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia

Majapahit: Perjalanan Sejarah Yang Menggugah Jiwa

Terbit : Sabtu, 2 Maret 2024 - Kategori : Blog

Majapahit: Perjalanan Sejarah yang Menggugah Jiwa

Majapahit, kerajaan maritim yang pernah berjaya di Nusantara, meninggalkan warisan sejarah yang menggugah jiwa. Perjalanannya selama lebih dari dua abad membentuk peradaban dan budaya Indonesia yang kita kenal hingga saat ini.

Asal-usul dan Pendirian

Majapahit didirikan pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya, seorang bangsawan Singasari yang melarikan diri dari pemberontakan Jayakatwang. Dengan dukungan Kubilai Khan, kaisar Mongol, Wijaya berhasil mengalahkan Jayakatwang dan mendirikan Majapahit di wilayah Trowulan, Jawa Timur.

Masa Kejayaan

Di bawah kepemimpinan raja-raja besar seperti Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-14. Gajah Mada, mahapatih yang terkenal, memperluas wilayah Majapahit hingga ke sebagian besar Nusantara, termasuk Semenanjung Malaya, Sumatera, dan Kalimantan. Kerajaan ini menjadi pusat perdagangan dan kebudayaan, dengan pengaruhnya yang meluas hingga ke daratan Asia Tenggara.

Ekspansi dan Pengaruh

Majapahit menjalin hubungan diplomatik dengan berbagai kerajaan di Asia, termasuk Tiongkok, India, dan Siam. Kerajaan ini juga mengirim ekspedisi ke berbagai wilayah, seperti Melayu dan Champa, untuk memperluas pengaruhnya. Majapahit memainkan peran penting dalam penyebaran agama Hindu-Buddha di Nusantara, dengan banyak candi dan prasasti yang menjadi bukti kejayaan tersebut.

Kemunduran dan Keruntuhan

Pada akhir abad ke-15, Majapahit mulai mengalami kemunduran. Perang saudara, pemberontakan daerah, dan serangan dari kerajaan-kerajaan tetangga melemahkan kerajaan ini. Pada tahun 1527, Majapahit akhirnya runtuh setelah diserang oleh Kesultanan Demak.

Warisan Majapahit

Meskipun Majapahit telah runtuh, warisannya terus hidup hingga saat ini. Kerajaan ini meninggalkan jejak yang mendalam pada peradaban Indonesia, termasuk:

  • Seni dan Arsitektur: Candi-candi dan patung-patung Majapahit menjadi mahakarya seni dan arsitektur Indonesia. Candi Borobudur dan Prambanan adalah bukti kehebatan para seniman Majapahit.
  • Sastra dan Bahasa: Sastra Jawa Kuno berkembang pesat pada masa Majapahit. Kitab Sutasoma dan Nagarakretagama adalah karya sastra penting yang memberikan wawasan tentang kehidupan dan budaya kerajaan ini.
  • Sistem Pemerintahan: Majapahit memiliki sistem pemerintahan yang terorganisir dengan baik, dengan raja sebagai pusat kekuasaan. Sistem ini menjadi dasar bagi sistem pemerintahan Indonesia modern.
  • Identitas Nasional: Majapahit menjadi simbol kebesaran dan persatuan Indonesia. Kerajaan ini menginspirasi rasa nasionalisme dan kebanggaan di kalangan masyarakat Indonesia.

Kesimpulan

Majapahit adalah kerajaan maritim yang pernah berjaya di Nusantara, meninggalkan warisan sejarah yang menggugah jiwa. Perjalanannya selama lebih dari dua abad membentuk peradaban dan budaya Indonesia, dengan pengaruhnya yang masih terasa hingga saat ini. Kerajaan ini menjadi pengingat akan kehebatan dan kejayaan bangsa Indonesia di masa lalu, sekaligus menginspirasi kita untuk terus membangun bangsa yang lebih baik di masa depan.

FAQ Unik

  1. Apakah Majapahit pernah dijajah oleh bangsa Eropa?

    • Tidak, Majapahit runtuh sebelum kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara.
  2. Siapakah tokoh perempuan paling terkenal di Majapahit?

    • Tribhuwana Wijayatunggadewi, putri Hayam Wuruk yang memerintah Majapahit sebagai ratu.
  3. Apa arti dari nama "Majapahit"?

    • Ada beberapa teori, salah satunya adalah bahwa nama tersebut berasal dari buah maja yang pahit.
  4. Di mana ibu kota Majapahit berada?

    • Trowulan, Jawa Timur.
  5. Apakah ada bukti arkeologi yang mendukung keberadaan Majapahit?

    • Ya, banyak candi, prasasti, dan artefak lainnya yang telah ditemukan dan menjadi bukti kejayaan kerajaan ini.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar