Menu
Info Sekolah
Minggu, 26 Mei 2024
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia

Majapahit: Negeri Legenda Dan Keajaiban

Terbit : Senin, 4 Maret 2024 - Kategori : Blog

Majapahit: Negeri Legenda dan Keajaiban

Majapahit, sebuah kerajaan besar yang pernah berdiri di Nusantara pada abad ke-13 hingga ke-16, telah menjadi legenda yang terus memikat imajinasi orang-orang hingga hari ini. Kerajaan yang berpusat di Jawa Timur ini meninggalkan jejak sejarah yang luar biasa, menjadi saksi bisu kejayaan dan keajaiban masa lalu.

Asal-Usul dan Kejayaan

Majapahit didirikan pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya, seorang pangeran dari Kerajaan Singasari. Setelah berhasil mengalahkan Kerajaan Kediri, Raden Wijaya mendirikan ibu kota baru di Trowulan, yang kemudian menjadi pusat kejayaan Majapahit.

Di bawah kepemimpinan raja-raja yang cakap, seperti Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-14. Kerajaan ini menguasai sebagian besar wilayah Nusantara, termasuk Sumatera, Kalimantan, dan sebagian Semenanjung Malaya.

Kejayaan Militer dan Diplomasi

Majapahit terkenal dengan kehebatan militernya. Pasukannya yang terlatih dan disiplin berhasil menaklukkan banyak kerajaan kecil di Nusantara. Di bawah pimpinan Mahapatih Gajah Mada, Majapahit menjalankan politik ekspansi yang dikenal sebagai "Sumpah Palapa".

Selain kekuatan militer, Majapahit juga dikenal dengan diplomasi yang handal. Kerajaan ini menjalin hubungan baik dengan kerajaan-kerajaan di Asia Tenggara, seperti Siam, Kamboja, dan Champa. Majapahit bahkan mengirim utusan ke Tiongkok dan India, menunjukkan pengaruhnya yang luas.

Kemajuan Budaya dan Seni

Majapahit merupakan pusat kemajuan budaya dan seni. Kerajaan ini menghasilkan karya sastra yang luar biasa, seperti Kitab Negarakertagama dan Kitab Sutasoma. Seni arsitektur Majapahit juga sangat mengagumkan, terlihat dari candi-candi megah yang masih berdiri hingga saat ini.

Salah satu mahakarya arsitektur Majapahit yang paling terkenal adalah Candi Penataran. Candi ini memiliki kompleks bangunan yang luas, dengan menara-menara tinggi dan relief-relief yang indah. Candi Penataran menjadi simbol kejayaan dan kemegahan Majapahit.

Kemunduran dan Kejatuhan

Puncak kejayaan Majapahit mulai meredup pada akhir abad ke-15. Kerajaan ini menghadapi berbagai masalah internal, seperti perebutan kekuasaan dan pemberontakan. Selain itu, Majapahit juga terancam oleh kekuatan-kekuatan baru, seperti Kerajaan Demak dan Kesultanan Malaka.

Pada tahun 1527, Majapahit akhirnya runtuh setelah diserang oleh pasukan Kesultanan Demak. Kerajaan besar yang pernah berjaya itu pun lenyap, meninggalkan jejak sejarah yang tak terlupakan.

Jejak Sejarah dan Warisan

Meskipun telah runtuh berabad-abad lalu, Majapahit terus dikenang sebagai salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Jejak-jejak sejarah Majapahit masih dapat ditemukan di berbagai tempat di Nusantara.

Candi-candi megah, prasasti-prasasti kuno, dan karya sastra yang luar biasa menjadi bukti kejayaan Majapahit. Kerajaan ini juga meninggalkan warisan budaya yang masih hidup hingga saat ini, seperti seni pertunjukan wayang kulit dan batik.

Kesimpulan

Majapahit adalah sebuah negeri legenda dan keajaiban yang pernah menghiasi sejarah Nusantara. Kerajaan ini mencapai kejayaan luar biasa di bidang militer, diplomasi, budaya, dan seni. Meskipun telah runtuh berabad-abad lalu, Majapahit terus dikenang sebagai simbol kejayaan dan kebanggaan bangsa Indonesia.

FAQ Unik

  1. Apakah benar Majapahit pernah menguasai seluruh Nusantara?

    • Tidak, Majapahit menguasai sebagian besar Nusantara, tetapi tidak seluruhnya. Kerajaan ini tidak berhasil menaklukkan beberapa kerajaan kecil di daerah pedalaman.
  2. Siapa tokoh paling terkenal dalam sejarah Majapahit?

    • Gajah Mada, Mahapatih Majapahit yang terkenal dengan Sumpah Palapa dan keberhasilannya menaklukkan banyak kerajaan di Nusantara.
  3. Apa karya sastra paling terkenal dari Majapahit?

    • Kitab Negarakertagama, sebuah karya sastra yang menggambarkan kejayaan dan kemegahan Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.
  4. Apa keunikan arsitektur Majapahit?

    • Candi-candi Majapahit memiliki menara-menara tinggi dan relief-relief yang indah, yang menunjukkan pengaruh budaya Hindu-Buddha.
  5. Apa warisan Majapahit yang masih hidup hingga saat ini?

    • Seni pertunjukan wayang kulit, batik, dan beberapa tradisi budaya lainnya di Nusantara merupakan warisan Majapahit yang masih dilestarikan hingga sekarang.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar