Menu
Info Sekolah
Minggu, 26 Mei 2024
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia

Majapahit: Memori Kebesaran Bangsa Indonesia

Terbit : Selasa, 19 Maret 2024 - Kategori : Blog

Majapahit: Memori Kebesaran Bangsa Indonesia

Majapahit, sebuah kerajaan besar yang pernah berjaya di Nusantara pada abad ke-13 hingga ke-15, meninggalkan warisan sejarah yang tak ternilai bagi bangsa Indonesia. Kerajaan ini menjadi simbol kejayaan, persatuan, dan kemajuan peradaban Indonesia pada masa lampau.

Asal-Usul dan Berdirinya Majapahit

Majapahit didirikan pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya, seorang mantan patih Kerajaan Singasari. Setelah Singasari runtuh akibat serangan pasukan Mongol, Raden Wijaya berhasil mengalahkan sisa-sisa pasukan Mongol dan mendirikan kerajaan baru di wilayah Trowulan, Jawa Timur. Kerajaan ini diberi nama Majapahit, yang berarti "pahit yang tak tertahankan", untuk mengenang pahitnya perjuangan yang dilalui dalam mendirikannya.

Masa Kejayaan Majapahit

Di bawah kepemimpinan raja-raja besar seperti Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-14. Kerajaan ini menguasai wilayah yang sangat luas, meliputi hampir seluruh Nusantara, bahkan sebagian Semenanjung Malaya dan Filipina. Pada masa ini, Majapahit menjadi pusat perdagangan dan kebudayaan yang penting di Asia Tenggara.

Kemajuan dan Kehebatan Majapahit

Majapahit mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang. Dalam bidang pemerintahan, kerajaan ini menerapkan sistem birokrasi yang terorganisir dengan baik. Dalam bidang ekonomi, Majapahit mengembangkan sistem perdagangan yang maju dan memiliki mata uang sendiri. Dalam bidang kebudayaan, Majapahit menghasilkan karya-karya sastra, seni, dan arsitektur yang luar biasa.

Sumpah Palapa Gajah Mada

Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Majapahit adalah Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada pada tahun 1336. Dalam sumpahnya, Gajah Mada bertekad untuk menaklukkan seluruh Nusantara dan menyatukannya di bawah kekuasaan Majapahit. Sumpah ini menjadi simbol semangat persatuan dan nasionalisme bangsa Indonesia.

Runtuhnya Majapahit

Kejayaan Majapahit mulai meredup pada abad ke-15 akibat berbagai faktor, seperti perang saudara, pemberontakan daerah, dan serangan dari kerajaan-kerajaan tetangga. Pada tahun 1478, Majapahit akhirnya runtuh dan terpecah menjadi beberapa kerajaan kecil.

Warisan Majapahit

Meskipun Majapahit telah runtuh berabad-abad yang lalu, warisannya masih terasa hingga saat ini. Kerajaan ini telah meninggalkan jejak sejarah yang mendalam dalam peradaban Indonesia. Warisan Majapahit antara lain:

  • Persatuan dan Nasionalisme: Sumpah Palapa Gajah Mada menjadi inspirasi bagi perjuangan persatuan bangsa Indonesia.
  • Kemajuan Kebudayaan: Majapahit menghasilkan karya-karya sastra, seni, dan arsitektur yang menjadi bagian penting dari warisan budaya Indonesia.
  • Sistem Pemerintahan: Sistem birokrasi yang diterapkan di Majapahit menjadi dasar bagi sistem pemerintahan Indonesia modern.
  • Simbol Kebesaran: Majapahit menjadi simbol kejayaan dan kebesaran bangsa Indonesia pada masa lampau.

Kesimpulan

Majapahit merupakan sebuah kerajaan besar yang pernah berjaya di Nusantara. Kemajuan dan kehebatannya menjadi bukti kegemilangan peradaban Indonesia pada masa lampau. Warisan Majapahit terus menginspirasi dan membentuk identitas bangsa Indonesia hingga saat ini. Kerajaan ini menjadi pengingat akan semangat persatuan, nasionalisme, dan kemajuan yang telah dicapai oleh nenek moyang kita.

FAQ Unik

  1. Apakah benar Majapahit pernah menguasai wilayah Australia?

    • Tidak, Majapahit tidak pernah menguasai wilayah Australia.
  2. Siapa tokoh perempuan yang terkenal dalam sejarah Majapahit?

    • Tribhuwana Wijayatunggadewi, putri Hayam Wuruk yang menjadi raja perempuan pertama Majapahit.
  3. Apa arti dari lambang Majapahit, yaitu burung Garuda?

    • Burung Garuda melambangkan kekuatan, keberanian, dan kejayaan.
  4. Apakah Majapahit memiliki angkatan laut yang kuat?

    • Ya, Majapahit memiliki angkatan laut yang kuat yang digunakan untuk menjaga keamanan wilayah dan memperluas kekuasaannya.
  5. Apa penyebab utama runtuhnya Majapahit?

    • Penyebab utama runtuhnya Majapahit adalah perang saudara, pemberontakan daerah, dan serangan dari kerajaan-kerajaan tetangga.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar