Menu
Info Sekolah
Minggu, 26 Mei 2024
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia

Majapahit: Kebesaran Masa Lalu Yang Tak Terlupakan

Terbit : Jumat, 8 Maret 2024 - Kategori : Blog

Majapahit: Kebesaran Masa Lalu yang Tak Terlupakan

Di antara reruntuhan candi dan prasasti yang tersebar di Jawa Timur, tersimpan kisah kejayaan sebuah kerajaan besar yang pernah menguasai Nusantara. Kerajaan Majapahit, yang berdiri pada abad ke-13 hingga ke-15, menjadi saksi bisu kebesaran masa lalu Indonesia yang tak terlupakan.

Asal-Usul dan Berdirinya Majapahit

Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293 M. Ia adalah seorang bangsawan Singasari yang memberontak terhadap kekuasaan Kertanegara. Setelah berhasil mengalahkan pasukan Mongol yang menginvasi Jawa pada tahun 1292 M, Raden Wijaya mendirikan kerajaan baru di hutan Tarik, yang kemudian diberi nama Majapahit.

Masa Kejayaan Majapahit

Di bawah kepemimpinan raja-raja besar seperti Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-14. Wilayah kekuasaannya membentang dari Sumatera hingga Papua, menjadikannya salah satu kerajaan terbesar di Asia Tenggara.

Sumpah Palapa Gajah Mada

Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Majapahit adalah Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada pada tahun 1336 M. Dalam sumpahnya, Gajah Mada bertekad untuk menaklukkan seluruh Nusantara dan menyatukannya di bawah panji Majapahit. Sumpah ini menjadi simbol semangat persatuan dan nasionalisme bangsa Indonesia.

Kemajuan di Berbagai Bidang

Majapahit tidak hanya dikenal karena kekuatan militernya, tetapi juga karena kemajuannya di berbagai bidang. Kerajaan ini memiliki sistem pemerintahan yang terorganisir, sistem hukum yang adil, dan perekonomian yang makmur.

Dalam bidang seni dan budaya, Majapahit menghasilkan karya-karya agung seperti Candi Penataran, Candi Tikus, dan Kakawin Nagarakretagama. Karya-karya ini mencerminkan kehalusan dan kecanggihan peradaban Majapahit.

Kemunduran dan Runtuhnya Majapahit

Seperti halnya kerajaan-kerajaan besar lainnya, Majapahit juga mengalami kemunduran. Faktor-faktor internal seperti perebutan kekuasaan dan konflik internal melemahkan kerajaan. Selain itu, serangan dari kerajaan-kerajaan tetangga seperti Demak dan Malaka juga mempercepat kejatuhan Majapahit.

Pada tahun 1527 M, Majapahit akhirnya runtuh dan digantikan oleh Kesultanan Demak. Namun, warisan Majapahit tetap hidup dalam sejarah dan budaya Indonesia.

Warisan Majapahit

Meskipun telah runtuh berabad-abad yang lalu, Majapahit meninggalkan warisan yang tak ternilai bagi Indonesia. Konsep persatuan dan nasionalisme yang digagas oleh Gajah Mada masih menjadi landasan bagi bangsa Indonesia hingga saat ini.

Selain itu, karya-karya seni dan budaya Majapahit terus menginspirasi seniman dan budayawan Indonesia. Candi-candi dan prasasti Majapahit menjadi objek wisata yang menarik dan menjadi pengingat akan kebesaran masa lalu Indonesia.

Kesimpulan

Majapahit adalah sebuah kerajaan besar yang pernah menguasai Nusantara dan meninggalkan warisan yang tak terlupakan bagi Indonesia. Kejayaannya di masa lalu menjadi bukti kehebatan bangsa Indonesia dan menjadi sumber kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia.

FAQ Unik

  1. Mengapa Majapahit disebut sebagai "Kerajaan Maritim"?

    • Majapahit memiliki armada laut yang kuat dan menguasai jalur perdagangan laut di Nusantara.
  2. Apa nama kitab sastra terkenal yang ditulis pada masa Majapahit?

    • Kakawin Nagarakretagama
  3. Siapa nama tokoh perempuan yang menjadi permaisuri Hayam Wuruk?

    • Tribhuwana Wijayatunggadewi
  4. Apa arti dari lambang Majapahit, yaitu burung garuda?

    • Kekuatan, kejayaan, dan kemakmuran
  5. Di mana lokasi ibu kota Majapahit?

    • Trowulan, Jawa Timur
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar