Menu
Info Sekolah
Selasa, 25 Jun 2024
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia
  • Padepokan Tapakwangu Kedung Pengilon Kec Pangkah Kabupaten Tegal, Slawi, Indonesia

Kerajaan Majapahit: Jejak Perjalanan Bangsa Indonesia

Terbit : Selasa, 26 Maret 2024 - Kategori : Blog

Kerajaan Majapahit: Jejak Perjalanan Bangsa Indonesia

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar dan terkuat yang pernah berdiri di Nusantara. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-13 dan mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-14 di bawah kepemimpinan Hayam Wuruk.

Berdirinya Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293 M. Raden Wijaya adalah menantu dari Kertanegara, raja terakhir Kerajaan Singasari. Setelah Kerajaan Singasari runtuh akibat serangan Mongol, Raden Wijaya berhasil mengalahkan pemberontakan Jayakatwang dan mendirikan Kerajaan Majapahit di wilayah Trowulan, Jawa Timur.

Masa Keemasan Majapahit

Masa keemasan Kerajaan Majapahit terjadi pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M). Pada masa ini, Majapahit menguasai wilayah yang sangat luas, meliputi seluruh Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan sebagian Semenanjung Malaya. Kekuasaan Majapahit juga diakui oleh kerajaan-kerajaan lain di Nusantara, seperti Sriwijaya dan Pasai.

Kejayaan Majapahit didukung oleh kekuatan militer yang tangguh dan perdagangan yang maju. Majapahit memiliki armada laut yang kuat yang digunakan untuk menaklukkan wilayah-wilayah baru dan mengendalikan jalur perdagangan laut. Kerajaan ini juga menjalin hubungan dagang dengan negara-negara lain di Asia, seperti Tiongkok, India, dan Arab.

Kebudayaan Majapahit

Kerajaan Majapahit memiliki kebudayaan yang sangat tinggi. Agama Hindu-Buddha berkembang pesat dan menjadi agama resmi kerajaan. Candi-candi megah, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan, dibangun sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan.

Selain itu, Majapahit juga dikenal sebagai pusat kesusastraan dan seni. Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular dan Kitab Nagarakretagama karya Mpu Prapanca merupakan karya sastra penting yang dihasilkan pada masa Majapahit. Kerajaan ini juga menghasilkan karya seni yang indah, seperti patung, relief, dan kerajinan tangan.

Kemunduran dan Runtuhnya Majapahit

Setelah masa keemasannya, Kerajaan Majapahit mulai mengalami kemunduran. Perebutan kekuasaan, pemberontakan daerah, dan serangan dari kerajaan-kerajaan lain melemahkan kerajaan ini. Pada awal abad ke-16, Majapahit diserang oleh Kesultanan Demak dan akhirnya runtuh pada tahun 1527 M.

Jejak Perjalanan Bangsa Indonesia

Kerajaan Majapahit memiliki peran penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Kerajaan ini mempersatukan wilayah Nusantara di bawah satu kekuasaan dan menjadi pusat kebudayaan dan peradaban. Jejak-jejak Majapahit masih dapat ditemukan hingga saat ini, seperti candi-candi, prasasti, dan karya sastra.

Majapahit mengajarkan pentingnya persatuan, kekuatan, dan kebudayaan dalam membangun sebuah bangsa. Kerajaan ini menjadi inspirasi bagi perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dan bersatu.

Kesimpulan

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu bab terpenting dalam sejarah bangsa Indonesia. Kerajaan ini menjadi simbol kejayaan, kebudayaan, dan persatuan bangsa. Jejak-jejak Majapahit masih dapat kita temukan hingga saat ini dan terus menginspirasi kita untuk membangun bangsa yang lebih baik.

FAQ Unik

  1. Apakah Majapahit pernah menjalin hubungan dengan Eropa?

    • Tidak, Majapahit tidak pernah menjalin hubungan dengan Eropa karena pada masa itu bangsa Eropa belum menjelajahi Asia Tenggara.
  2. Apa arti dari nama "Majapahit"?

    • Nama "Majapahit" berasal dari kata "maja" (buah maja) dan "pahit". Menurut legenda, Raden Wijaya mendirikan Majapahit di tempat yang ditumbuhi pohon maja yang buahnya pahit.
  3. Siapa tokoh penting selain Hayam Wuruk di Kerajaan Majapahit?

    • Selain Hayam Wuruk, tokoh penting lainnya di Kerajaan Majapahit adalah Gajah Mada, patih yang terkenal dengan Sumpah Palapa-nya.
  4. Apa penyebab utama kemunduran Kerajaan Majapahit?

    • Kemunduran Kerajaan Majapahit disebabkan oleh perebutan kekuasaan, pemberontakan daerah, dan serangan dari kerajaan-kerajaan lain.
  5. Di mana lokasi Kerajaan Majapahit saat ini?

    • Lokasi Kerajaan Majapahit saat ini berada di wilayah Trowulan, Jawa Timur, dan menjadi salah satu situs arkeologi terpenting di Indonesia.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar